Recent Posts

Peluang Bisnis

Senin, 04 Januari 2010

Mengenal cara berbisnis ala china

Berikut posting kali ini saya akan membahas tentang mengenal cara berbisnis ala china,dimana kita kita ketahui china sangat memegang teguh prinsip dalam hal berbisnis.

Judul: The Chinese Tao of Business
Rahasia Kesuksesan dan Keunggulan Strategi Bisnis Pengusaha Cina
Penulis: George T. Haley, Usha CV Haley dan Chin Tiong Tan
Terbitan: PT Mizan Publika, Februari 2008
Tebal: 434 Halaman

Bagi saya buku tentang filsafat bisnis ala Tao ini terasa menarik usai melahap strategi perang ala Sun Tzu. Maklum saja Sun Tzu adalah penganut ajaran Tao yang menitikberatkan pada asas keseimbangan Yin dan Yang.

Pendiri ajaran Tao adalah Lao Tsu (lahir 604 sebelum Masehi) kemudian dilanjutkan ‘Chuang Tzu’. Ajaran Taoisme bisa ditemukan dalam buku Tao Teh Ching,, Chuang-Tzu, Huai-nan-tzu dan Lieh-tzu.

Trio penulis George T. Haley, Usha CV Haley dan Chin Tiong Tan mencoba mengintip rahasia kesuksesan bisnis pengusaha Tionghoa yang terbukti andal berkat prinsip kesimbangan tersebut.

Namun ketiga penulis tak langsung menukik pada prinsip Tao dan justru mengajak pembaca berpetualang dalam alam pikiran Tionghoa seperti Konfusius, Lao Tsu, Meng-tzu, Mo Tzu, Yang Chu hingga Siddharta Budha Gautama.

Inti dari penjejahan tersebut adalah ajaran Tao berlandaskan pada prinsip alamiah, harmonis dan selaras mengikuti kodrat alam. Ajaran ini berkembang dan menyatu dengan kehidupan dan budaya Tionghoa sehingga mempengaruhi pola pikir, kesenian dan ilmu tradisional Tionghoa.

Tak berhenti di situ, ketiga penulis membawa pembaca lebih jauh lagi pada pemikiran reformis Tionghoa modern a.l Hong Xiuquan, Kang Youwei, Chen Duxiu, Dr. Sun Yat-sen dan tentu saja Mao Zedong.

Dengan mengajak pembaca menelusuri pemikiran yang berkembang di China maka asumsi sistem bisnis masyarakat Tionghoa yang berbeda dengan cara-cara Barat akan lebih mudah terbayang.

Masyarakat Barat justru akan mengerti mengapa pebisnis China tak memperdulikan banyak persoalan aturan-aturan ala Barat yang mengikat seperti hak kekayaan intelektual dan sistem perburuhan yang ruwet.

Singkat kata, dalam buku setebal 434 halaman ini penulis ingin menekankan jika ‘ ingin berbisnis dengan masyarakat Tionghoa cobalah cara dan falsafat berbisnis ala Tionghoa’.

Bak prinsip perang Sun Tzu. Kenalilah musuhmu. Jika ingin menaklukkan medan perang bisnis China pelajarilah budayanya. Jika dilihat dalam persepektif Yin dan Yang. Dengan mempelajari buku ini, pebisnis diajak mencari unsur kesimbangan.

Harus diakui energi ketiga penulis ini cukup besar dalam penyusunan buku ini karena selain melakukan riset pustaka juga melakukan sejumlah wawancara mendalam dengan eksekutif.

Dari sejumlah wawancara itu terlihat bagaimana langkah yang diambil para pebisnis untuk bertahan di tengah sengitnya bisnis di daratan China. Bak dunia persilatan, para eksekutif itu harus selalu mengasah ilmu.

Hanya saja untuk bisa berbisnis dengan sukses diperlukan keberanian untuk memulai bisnis. Ada sebuah tamsil dalam ajaran Tao yang berbunyi “Kita tidak akan bisa mengerti rasa manis dari sebutir gula hanya dengan membaca sebuah buku yang bercerita tentang gula.” Selamat memulai berbisnis.

15 komentar:

  1. wah, jadi tertarik baca bukunya kalau ada waktu. maklum sekarang kan udah FTA Asean China, jadi mesti bisa berbisnis dan bersaing dengan pengusaha China

    BalasHapus
  2. salam sobat
    agar sukses bisnisnya,,harus berani memulai bisnisnya tersebut.
    artikel bermanfaat untuk sahabat yg berniat bisnis.
    trims kunjungannya.

    BalasHapus
  3. menarik..
    sangat bermanfaat (seperti kata NURA)... untuk orang yang ingin memulai bisnisnya...

    BalasHapus
  4. "Kita tidak akan bisa mengerti rasa manis dari sebutir gula hanya dengan membaca sebuah buku yang bercerita tentang gula"
    mantap nih butirna kalimatnya
    intinya Jangan pernah takut untuk mencoba bisnis
    harus sabarrrrrr

    BalasHapus
  5. bener juga ya kalo tidak di coba gak bakalan gimana rasanya manis pahitnya.makasih ilmunya sob tentang tips bisnis wong cines

    BalasHapus
  6. Saya memang belum pernah baca bukunya. Boleh juga tuh buat nambah ilmu ttg bisnis ala Chinese people...

    BalasHapus
  7. wah nih buku bisa dijadikan kitab baru di dunia bisnis brow.....nice infos dah brow.....two thumbs boeat ente.....


    Best Regards
    dwell-article

    BalasHapus
  8. bagus infonya sob...
    ntar ane belajar kapan2 yah.

    BalasHapus
  9. cocok neh buat pebisnis dunia maya........ heheheheheeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  10. sangat bagus boss, bagi yang ingin memulai atau menjalankan bisnis

    BalasHapus
  11. tapi cina nomer satu pembajak teknology aku kurang respek aghhh

    BalasHapus
  12. artikelnya sangat menarik sahabat
    thanks ya sudah berbagi

    BalasHapus
  13. Sama dengan Diajeng, aku kurang tertarik dengan cara2 bisnis "China" krn hanya didasarkan materi, materi, materi dan materi semata. Padahal materi hanyalah sarana saja untuk sesuatu yang lebih besar dan kekal. Karena kehidupan dibaratkan permainan semata, Ada kehidupan yang lain yang KEKAL yang perlu dipersiapkan di dunia ini. Kalo sy keliru itu pasti dari saya, kalo benar itukaren Zat Yang Maha Tinggi.

    BalasHapus

Unordered List

Ayo friend gabung dibawah ini